Halaman

Sabtu, 24 Agustus 2019

Cara edit foto Efek Folk Tone

Tutorial Edit Foto Instagram Efek Folk Tone

APLIKASI APA YANG SAYA PAKAI ?

Dahulu, ketika awal mengenal dunia fotografi, saya berpikir aplikasi untuk mengedit foto profesional hanyalah photoshop. Photoshop memang sudah terkenal sebagai aplikasi yang paling banyak digunakan oleh fotpgrafer-fotografer di seluruh dulu. 
Setelah aplikasi Lightroom (Lr) terinstall dengan benar, kita mulai dengan membuka aplikasi ini. Sepertinya kalian sudah paham bagaimana cara membuka aplikasi ini, tidak perlu saya ajarkan lagi ya. 

1. JALANKAN APLIKASI LIGHTROOM

Tinggal klik 2 kali pada icon Lr, atau kalau tidak bisa, bisa klik kanan lalu run as administrator.
Adobe Lightroom CC
Tampilan awal adobe lightroom CC

2. IMPORT FOTO

Setelah aplikasi Lightroom terbuka, import atau masukkan foto yang akan diedit ke library Lr. Caranya dengan mengarahkan kursor ke library lalu klik tombol import yang ada di kiri bawah.
Import photo Lightroom
Import photo Lightroom
Pilih foto yang akan diedit, tampilannya akan seperti gambar dibwah ini:
Di bagian kiri akan ada pilihan lokasi foto yang akan kita import, biasanya saya menyimpan foto di drive D atau E. Selanjutnya berikan centang dengan mengklik satu atau beberapa foto yang akan diedit.

3. MULAI MENGEDIT FOTO

Setelah berhasil mengimport foto, kita akan mulai mengedit foto. Langkah awalnya adalah memilih foto yang akan kita edit dengan cara klik pada foto yang sudah ada di library Lr.
Import photo Lightroom
Import photo ke Lightroom
Langkah selanjutnya adalah masuk ke halaman Develop Lr. Klik menu Develope yang ada pada sisi kanan atas.
edit photo Lightroom
Develop photo Lightroom
  • CROP DAN ATUR PERSPECTIVE FOTO

Klik menu menu yang berbentuk kotak dengan garis putus-putus pada panel kanan.(perhatikan gambar dibawah)
Kita bisa mengatur size foto sesuai keinginan dan juga bisa mengatur perspektif jika foto yang akan kita edit sedikit miring seperti fot yang akan saya edit kali ini. Setelah foto di crop, jangan lupa untuk menekan tombol done pada kanan bawah untuk menyelesaikan proses croping.
crop photo Lightroom
  • MENGATUR BASIC TONE

Basic tone mencakup temperature, tint, exposure, contrast, hightligts dan menu-menu lai yang ada pada bagian basic. Aturlah sesuai dengan yang saya beri lingkaran merah. Pada foto ini saya sengaja mengurangi exposure agar foto terlihat lebih gelap seperti konsep foto yang saya inginkan yaitu Folk dark tone.
Jika kalian menggunakan foto yang saya sediakan, silahkan ikuti saja sesuai angka yang tertera pada gambar (contoh : Exposure -0.6, contrast +13, dst..)
Tapi jika menggunakan foto sendiri, kalian bisa mengatur sendiri sesuai keinginan masing-masing agar tidak terlalu gelap. Saya sarankan kembali, tone ini cocok untuk foto dengan latar hutan.

basic tone adobe lightroom
Basic tone adobe lightroom

  • MENGATUR TONE COLOR

Lanjut ke color, menu ini berada dibawah menu tone curve, masih di panel kanan karena semua proses editing foto pada adobe lightroom dilakukan dibagian panel kanan.
Disini saya akan mengatur beberapa warna, seperti warna hijau dari daun yang berada pada background dan warna kuning pada objek orang.
Yang saya mainkan hanya warna hijau dan kuning, dengan komposisi :
Hijau :
  • Hue (-37)
  • Saturation (-3)
  • Luminance (-2)
Kuning :
  • Hue (0)
  • Saturation (-17)
  • Luminance (23)
colour tone lightroom
colour tone lightroom
  • MENGATUR TONE EFFECT

Langkah selanjutnya adalah mengatur tone effect, ini bertujuan untuk memberikan sedikit vignet pada foto. Ini bertujuan untuk membuat mood foto lebih gelap tapi tetap menunjulkan objek foto. Artinya background foto akan tampak sedikit lebih gelap.
tone effect adobe lightroom
tone effect adobe lightroom
  • MENGATUR TONE CURVE

Untuk membuat background foto tampak lebih sejuk, saya menggunakan tone curve. Kalian bisa memainkan menu ini dengan cara menambahkan beberapa titik pada grafik tone curve lalu gerakkan keatas atau kebawah.
Memainkan tone curve memang sedikit sulit dan butuh kejelian mata.
tone curve lightroom
tone curve lightroom
  • MEMBERIKAN ADJUSMENT BRUSH

Untuk membuat beberapa bagian pada foto lebih cerah, saya menggunakan Adjustment brush.Klik tombol yang seperti kuas atau juga bisa menggunakan keyword K pada keyboard.
Atur adjusment seperti exposure, contrast dll seperti terlihat pada gambar lalu sapukan pada objek foto yang akan dipercerah.
Adjusment brush lightroom
Adjusment brush lightroom
  • MEMBANDINGKAN FOTO; BEFORE – AFTER

Setelah selesai mengedit foto dan dirasa cukup, kita bisa membandingkan secara langsung foto yang telah diedit dengan cara menekan tombol
before after lightroom
before after lightroom

4. EXPORT FOTO YANG TELAH DIEDIT

Setelah menyelesaikan rangkain editing foto diatas, langkah terakhir yang perlu kita lakukan adalah meng-export foto tersebut menjadi ke lokasi dan format yang kita inginkan. Caranya adalah dengan meng-klik menu file, export, dan atur lokasi penyimpanan dan kualitas foto.
Export photo Lightroom
Export photo Lightroom
Atur lokasi penyimpanan foto dengan cara klik tombol choose dan pilih lokasi yang diinginkan, kamu bisa memilih lokasi di drive D ataupun E.
Location for saving photo Lightroom
Location for saving photo Lightroom
Sebelum menyimpan foto, atur format file dan kualitas foto serta pixel yang diinginkan. Disini saya memilih format JPEG, quality 100, dan resolusi 72 pixels per inch. Kalian bisa mengatur sesuai keinginan, semakin tinggi pixels, maka kualitas foto akan semakin bagus.
Quality photo lightroom
Quality photo lightroom
  • Langkah terakhir, klik export dan Selesai
before after Lr
before & after

Tidak ada komentar:

Posting Komentar