Halaman

Selasa, 20 Agustus 2019

Space laptop edit vidio

Komputer atau Laptop Untuk Edit Video, Butuh Yang Seperti Apa?

Beberapa waktu lalu saya merakit komputer atau PC baru. Karena dirakit untuk memenuhi kebutuhan yang lumayan berat, jadinya pemilihan sparepart juga agak tinggi. Akhirnya ya cukup nguras tabungan juga deh. Tapi alhamdulillah sudah kelar.

Awalnya, komputer baru itu direncanakan untuk membantu saya bikin channel di Youtube. Niatnya sih bikin channel tutorial blog dan juga channel gaming. Karena bakal dipakai untuk proses recording, editing dan rendering video yang lumayan berat, jadilah laptop yang saya punya kurang mumpuni.
Ngomongin soal spek komputer dan proses bikin video YouTube, ternyata untuk bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan itu, dibutuhkan spek komputer yang lumayan tinggi. Jadi kalau kamu mau rakit komputer baru, atau beli laptop baru, terus tujuan kamu adalah mau edit video sendiri, ada baiknya untuk memperhatikan spek hardware yang bakal kamu pakai atau sudah nempel di laptop tersebut. Berdasarkan pengalaman saya, berikut ini beberapa bagian penting yang wajib kamu perhatikan!

#1 Prosesor
Prosesor adalah otak dari komputer. Semakin bagus dan cepat kapasitas prosesor kamu, maka semakin cepat pula komputer akan mampu mengerjakan tugas yang kamu berikan.

Tapi untuk editing video, kecepatan bukan satu-satunya senjata utama. Kamu perlu juga untuk memperhatikan CORE dari prosesor itu. Semakin banyak core prosesor kamu, maka semakin baik pula kinerjanya saat merender video. Saya sendiri memilih prosesor i5 dengan 4 core (quad-core) dari Intel. Alasannya lebih hemat daya karena pakai listrik kos. Tapi kamu juga bisa pilih prosesor multicore dari AMD yang punya beberapa pilihan prosesor dari 4 core, 6 core atau bahkan 8 core!

#2 RAM / Memori
Kapasitas RAM juga penting untuk membuat pekerjaan kamu saat mengedit video jadi semakin lancar. RAM akan bekerja sebagai tempat penyimpanan sementara dari apa yang kita kerjakan. Selain itu RAM juga bertugas untuk menyimpan proses perintah ke komputer secara singkat dan meneruskannya ke prosesor (tolong benerin kalau salah). Semakin besar RAM, maka semakin banyak pula kapasitas memori untuk menyimpan perintah komputasi.

Untuk editing dan rendering video, saya disarankan pakai RAM minimal 8 GB. Karena alasan itu, sebelum saya rakit PC baru, saya menambah kapasitas RAM Laptop saya menjadi 8 GB. Tapi sekarang saya sudah menggunakan RAM sebesar 16 GB untuk di PC. RAM lega, kerja nyaman tanpa tersendat!

#3 Harddisk
Harddisk, atau HDD, adalah sebuah media penyimpanan dari file-file komputer yang kita punya. Buat saya, HDD besar sebenarnya enggak penting-penting amat. Asalkan kita punya media penyimpanan lainnya, seperti harddisk eksternal untuk mengamankan file-file penting. Justru akan lebih baik kalau kamu punya dua storage, SSD untuk instal program dan OS, HDD untuk penyimpanan file. Kerja lebih cepat, file lebih aman!

#4 Software / Aplikasi
Untuk editing video, dibutuhkan aplikasi atau software edit video yang mumpuni. Soal ini jelas masalah selera dan kebiasaan saja. Karena untuk kebutuhan sederhana, saya memilih software Camtasia. Tapi untuk software dengan lebih banyak fitur, kamu bisa lirik Adobe atau Sony Vegas dan banyak aplikasi edit video lainnya. Dan biar varokah, sangat disarankan pakai aplikasi atau software yang original ya gaes!

#5 Video Card / VGA
Sama seperti HDD, buat saya keberadaan VGA ini enggak terlalu penting amat. VGA bawaan Intel Skylake saja sudah sangat baik, asal bisa menampilkan gambar di layar, maka editing video bisa dilakukan.

TAPI, kalau VGA kamu bisa kelas Nvidia yang punya CUDA Core tinggi, atau bahkan memang VGA khusus untuk workstation jelas lebih baik. Cuma ya itu sekali lagi, tergantung kebutuhan. Buat saya, VGA standar saja sudah cukup kok. Anyway, di desktop PC saya menggunakan VGA Nvidia GTX 1060 sih.

Nah, itu beberapa spek komputer atau laptop yang perlu kamu perhatikan supaya kerja kamu untuk melakukan editing video bisa berjalan dengan lancar. Tapi diluar itu, jelas ide yang fresh dan niat yang kuat lebih penting dari semuanya. Toh enggak sedikit YouTubers yang memulai karir mereka dengan edit video di komputer temen, warnet atau bahkan ponsel!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar