Halaman

Kamis, 22 Agustus 2019

Cara mengedit tone salju did Lr

Efek tone salju dengan lightroom

yah pertama aku ini adalah basic foto asli dan sesudah diedit.
ini aslinya loh terlihat biasa yah, 
nah foto diatas sesudah diedit, lumaya bagus kan? 
nah ada beberapa tahapan untuk mengedit seperti ini syarat mutlaknya adalah kalian memiliki aplikasinya dan alatnya eh gambar juga ding wekkkekee
pertama kalian harus ngerti menu utama lighroom ada dimana hihi, yah ada di sebelah kiri bawah pojok pas,
nah itu gambarnya bulatan kek gambarnya lensa dipojok kiri bawah hhehe
nah disini saya juga melakukan cropping terlebih dahulu menu crop juga ada disitu, dibawah sebelah kanannya bintang.
kemudian setelagdi crop kita menuju ke menu utamanya yaitu bulatan tadi. langsung saja pilih menu “color / b&w. disitu ada beberapa pilihan
  • hue
hue sendiri fungsinya untuk merubahwarna kewarna terdekat, misalnya biru menjadi tosca atau biru menjadi ungu

  • saturasi
memburamkan atau mematangkan warna, misalnya dari biru menjadi biru banget atau biru pudar.

  • luminance
luminance adalah untuk menambah kesan atau bisa juga menghilangkan noise
nah untuk lightroom sendiri di menu color/b&w cenderung manual yaitu perubahan warna tidak secara menyeluruh namun lebih ke satu persatu. ada beberapa warna yaotu, kuning, orange. merah, hijau, tosca,biru dan magenta.
sorry menjelaskan sedikit tentang fungsi tiap menu, kita kembali ke tahapan selanjutnya. yah ini tadi di tahap awal ya yaitu penggunaan meu color/b&w.
karena disini editing salju (menjadikan putih terang beberapa objek) jadi untuk hue saya tidak menggunakannya langsung saya menggunakan saturasi.
nah disini yang perlu dihilangkan atau dirubah menjadi putih adalah komponen pepohonan (hijau dan kuning)
jika diarahkan kekiri maka akan memudar warnanya namun jika ke kanan maka akan matang, kali ini hijau dan kuning saya pudarkan. namun orange tidk saya rubah, hanya saya tambahkan sedikit  karena itu mempengaruhi kulit dari manusia. untuk baju biru saya matangkan/saya geser ke kanan, mengapa? karena untuk memfokuskan mata pada PoI
sudah mau mendekati ya hihihihi. sekarang masih di menu sama, namun pindah ke luminance.
karena luminance berfungsi untuk menerangkan, ini sangat berfungsi, karena biar kelihatan tidak gelap karena efek saturasi. nah disini yang tadi dirubah adalah pada menu (kuning dang hijau) saya maksimalkan agar rerlihat puti kaya salju huahaha. sedangkn lainnya menyesuaikan.
sudah hampir mirip yak kemudian kita gnti menu ke basic
ada banyak pilihan disini
yang saya rubah hanya beberapa.
tint, ini saya low kan sedikit jika di tambah maka akan menjadi coklat namun jika dikurangi menjadi putih.
highlights menerangkan cahaya saya tambah sedikit
sedangkan shadows saya kurangin biar efek gelap bertbah
karena putih adalah salju jadi white saya tambah juga
untuk blacks juga saya tambah
disini pindah menu split toning disini ada bayak pilihan juga
highlights hue saya ganti diwarna biru, namun nanti saturasinya saya kurangin biar gak membiru tidk mengurangi warna dari salju hihi
ini setelah pengurangan sarurasinya
yah setelag ini sudah selesai hihi
namun dalam pengeditan hal yang utama adalah selera hihi kalau kalian selera tinggal rubah cara yang saya sebutkan yang utama adalah pada menu color/b&n agar sedikit memudar hehhhehe lainnya menyesuakan feeling dan selera kalian hehhe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar