Halaman

Rabu, 21 Agustus 2019

Cara menyeleksi gambar menggunakan "Brush"


        Editing seleksi menggunakan “Brush” pada Adobe Photoshop Lightroom.

        Banyak sekali fitur atau tools yang tersedia pada adobe photoshop lightroom, kali ini saya ingin membahas salah satu fungsi fitur atau tools yang paling sering saya gunakaan disaat ingin melakukan editing di bagian tertentu/diseleksi agar bagian lain atau yang tidak diseleksi tidak terkena edit.

        Fitur atau tools yang akan dibahas kali ini iyalah “Brush”, dengan fitur ini saya akan melakukan editing hanya pada objek sampan yang dilingkari biru pada foto saya. Bisa dilihat pada foto tersebut bahwa objek sampan terlihat under exposure, dan dengan menggunakan “Brush” pada lightroom saya ingin menaikan exposurenya hingga objek menjadi tidak gelap.
Langkah 1:

‌Pilih foto yang akan diedit, lalu masuk kebagian tab Develop pada barisan menu dikanan atas. lakukan edit sesuai dengan kebutuhan, disini saya melakukan editing untuk mendapatkan warna pada background sehingga objek sampan terlihat gelap. Tidak masalah karena kita akan melakukan editing seleksi menggunakan “Brush” untuk objek tersebut, yang penting kita dapatkan background sesuai dengan keinginan kita.

Langkah 2:

Pilih fitur “Brush” (bisa dilihat pada kotak merah disebelah kanan gambar), dalam fitur “Brush” kalian bisa melakukan edit sesuai dengan kebutuhan yang dinginkan. “tempratur dan tint untuk merubah white balance” ataupun “exposure, contrast, hightlights, shadow, clarity, satur, sharp, noise, moire, ataupun defringe sesuai dengan keinginan kita.

Langkah 3:

Kemudian aktifkan/centang “Auto Mask” fungsinya adalah dengan secara otomatis saat kita menggosok “Brush”, bagian yang di brush tidak keluar dari jalur/objek yang ada di foto. Untuk mengetahui bagian mana saja yang di brush  tekan “Alt + O” maka bagian yang telah di “Brush” berbubah menjadi warna merah dan begitu juga sebaliknya untuk mematikannya. Lalu silahkan brush bagian yang akan diedit.

Editlah bagian yang telah di brush, disini saya ingin objek tersebut menjadi terang sehingga saya menaikan exposure, contras, hightlights, shadows dan sedikit clarity, tak lupa juga untuk menaikan sedikit warna dengan saturation.

jika dirasa cukup tinggal klik done, dan selesai sudah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar