Halaman

Rabu, 21 Agustus 2019

Perbedaan logo, symbol, ikon


      Apakah kamu sedang dilanda kebingungan yang luar biasa untuk mencari tahu Pengertian dan perbedaan Tanda, Lambang, Simbol, Logo dan Ikon ? jika iya, selamat kamu berada di tempat yang tepat karena disini kita akan menjawab keresahan kamu akan pertanyaan ini secara tuntas, jadi dari pada kamu bunuh diri hanya karena hal begini mending kamu simak ini saja ya, ingat baca yang teliti agar kamu bisa membedakan nya !
      
      Tanda sebetulnya adalah kata umum yang bersifat lebih global dan luas. Tanda merupakan apa saja yang menggantikan sesuatu lainnya. Tanda ialah segala sesuatu yang sebagai sesuatu yang sudah diketahui sebelumnya menuju kepada pengetahuan tentang sesuatu yang lain. Logo simbol dan lambang sebetulnya termasuk tanda. Titik, koma, titik dua juga termasuk tanda.
Simbol (atau lambang) merupakan sebuah gambar yang disederhanakan dan mengandung asosiasi terhadap suatu obyek yang tidak harusberhubungan langsung baik secara fisik maupun karena kehadirannya dalam waktu tertentu. Simbol bersifat operator dan punya nilai fungsional. Kata kata seringkali dibuat simbol sehingga jika kita melihat simbol dengan mudah memahami konteksnya. 
Kita seringkali mampu memahami sesuatu konsep, tanpa harus melihat langsung dan mengalaminya. Misalkan ketika membicarakan Es dan Salju. Kita di wilayah tropis yang tidak pernah melihat hujan salju atau hujan es, dapat memahami apa yang dimaksud dengan kata itu. Ini karena adakata lain yang dapat menjelaskan sifat dari kata yang dimaksud, misalnya Es dan Salju berkaitan dengan kata sifat, Dingin atau Membeku.
     
      Di sinilah kekuatan utama simbol yang diciptakan manusia. Ketika manusia sudah memiliki perbendaharaan kata indeksial yang kuat, dengan mudah ia dapat mengembangkan kata tertentu sebagai simbol. Dengan cara menemukan analogi atau hubungan yang masuk akal, kita bisa menggunakan suatu kata sebagai simbol yang sebenarnya keluar dari konteks kata yang sebenarnya.
Contoh : Rambu rambu lalu lintas, Bendera
kata logo adalah kependekan dari logotype dan diadaptasi dari bahasa Yunani, λόγος (logos) yang artinya kata dan τύπος (typos) yang berarti kesan. Dalam definisi ini jelas fungsi logo adalah untuk menimbulkan kesan. 

     Logo sudah ribuan tahun digunakan sejak zaman Yunani dan Romawi Kuno, penggunaan logo sebagai nama atau kata penanda agar mudah dikenali belum bergeser. Bahkan, bisa dibilang terus berkembang hingga menyentuh aspek bisnis dan politis untuk kepentingan lokal dan internasional. Logo kini berkesan mewakili suatu badan, industri, atau perusahaan. 
Contoh : Logo merk yang ada di iklan
Icon atau ikon, adalah bentuk yang paling sederhana, karena ia hanya pola yang menampilkan kembali obyek yang ditandainya, sebagaimana bentuk fisik obyek itu. Ikon cenderung hanya menyederhanakan bentuk, tetapi mencoba menampilkan bagian yang paling esensial dari bentuk tersebut. 
Contoh : ikon vector
Bagaimana cukup membingungkan ya ? tenang yang buat artikelnya juga ini awalnya sempat bingung juga kok,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar